Kegiatan Buka Bersama di Masjid AT–TAQWA Tempeh, Setiap Tahun Rutin di Lakukan Sejak Tahun 2018.

Spread the love

Lumajang-www.mediapolisinasional.com- Memasuki hari ke -12 bulan suci Ramadhan ada hal yang menarik saat menjelang berbuka puasa di Masjid AT-TAQWA yang terletak di Jalan Raya Soekarno-Hatta, Desa Tempeh Lor, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, untuk selalu menyediakan hidangan buka puasa bersama dengan menu bervariasi untuk masyarakat umum, Minggu ( 2/3/2023).

Setiap hari selama bulan Ramadhan 1444 Hijriah. Pembagian takjil dan buka bersama dilangsungkan di Masjid AT- TAQWA dan sudah berlangsung sejak tahun 2018, ada sekitar 60 sampai 100 orang jama’ah setiap harinya untuk melangsungkan buka bersama.

Pembagian takjil dimulai pukul 16.30 WIB, biasanya orang-orang sudah berdatangan dan duduk dengan dzikir dan shalawat, habis itu pukul 17.25 Wib ada diskusi bersama dan dilanjutkan dengan ceramah di saat menjelang berbuka puasa.

Setelah diselusuri oleh sejumlah awak media, ternyata kegiatan tersebut sudah berjalan lima tahun dilakukanya Buka bersama di bulan Ramadhan, dan ternyata itu semua berkat seorang pengusaha dermawan yang bertempat di Dusun Tulus Rejo Rt 06 Rw 02, Desa Tempeh Lor, Kec. Tempeh, Kab. Lumajang.

H. Akhmad Wahyudi, ST bapak dari empat anak yang juga sekaligus suami dari ibu Hj. Heri Nani Hariyati, SP. yang akrab di panggil Cicik ini, terinspirasi menyediakan acara buka bersama pada waktu melaksanakan ibadah Umroh tahun 2017.

“Semua ini saya lakukan semenjak dari Umroh,” jelasnya.

Yudi panggilan akrabnya membeberkan, hidup ini cuma sementara kenapa tidak berbuat kebajikan kepada orang lain.
Harta benda hanya titipan tidak akan dibawa mati, sementara di Mekkah saja kalau bulan suci Ramadhan orang berebut untuk menyediakan takjil buka bersama, kenapa disini tidak bisa, semua yang saya lakukan murni niatan Ibadah.

“Hidup ini cuma sementara dan numpang saja, kenapa tidak di perbanyak ibadah, sementara harta benda sebanyak apa pun tidak akan kita bawa mati, ini semua saya lakukan semata-mata untuk ibadah,” terangnya.

Dia berharap untuk tahun akan datang akan terus dikembangkan ke wilayah lain, untuk sementara wilayah Kecamatan Tempeh dan wilayah Kecamatan Pasirian.
Terakhir dia berpesan untuk ummat Islam mari terus tingkatkan ibadah dan amal karena
hanya amal yang baik nanti yang menyelamatkan kita dari siksaan neraka.

“Marilah kita semua untuk meningkatkan amal ibadah kita pumpung selagi di bulan penuh berkah dan ampunan,” pungkasnya.

Tausiah menjelang berbuka juga disediakan tujuannya untuk mengisi nutrisi hati kita, disampaikan secara ringan karena audiensnya juga beragam.
Jadi muatan isi pesan agamanya tetap tersampaikan dengan penyampaian yang ringan.

 

(Dhr)

Tim Redaksi

Writer Journalist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *