Kabid Humas Polda Jabar : Ada Polisi Inspiratif Yang Rela Sisihkan Gajinya Untuk Biayai Ratusan Anak Tak Mampu

Spread the love

INDRAMAYU, MPN — Bangunan SMK Pembangunan Tukdana berdiri megah di Jalan Raya Jatitujuh-Jatibarang di Desa Rancajawat, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu.

 

Siapa yang mengira, sekolah swasta yang berlokasi diperbatasan Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Majalengka itu milik seorang anggota polisi aktif di Polsek Tukdana jajaran Polres Indramayu Polda Jabar.

 

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa Polisi akan selalu membantu masyarakat dimanapun kapanpun.

 

“Polisi akan selalu hadir ditengah masyarakat sebagai wujud kepedulian dan pelayanan prima.” ujar Ibrahim Tompo.

 

Di sekolah itu, terdapat sekitar 600 siswa yang belajar di sana, ratusan siswa itu pun dapat menempuh pendidikan dengan gratis.

 

Aiptu Kasdulah sendiri diketahui bertugas sebagai Kanit Intel Polsek Tukdana Polres Indramayu Polda Jabar. Ia merintis sekolah tersebut sejak 2010 sampai bisa sebesar sekarang.

 

Sejak 13 tahun lalu, ia rutin menyisihkan gajinya sebagai seorang polisi demi bisa memberikan pendidikan gratis bagi siswa-siswi yang ada di wilayah setempat.

 

Terlebih, semua siswa-siswi yang belajar di sana berasal dari keluarga tidak mampu dan merupakan yatim.

 

Meski demikian, mereka bisa mendapat pendidikan yang layak dengan fasilitas lengkap secara gratis di sekolah milik Aiptu Kasdulah.

 

“Suka dukanya banyak sekali dalam mendirikan sekolah ini. Karena dari awal untuk operasional saya menggunakan uang pribadi yang saya sisihkan dari gaji,” ujar Aiptu Kasdulah Minggu (5/3/2023).

 

Aiptu Kasdulah menceritakan, awal mula mendirikan SMK Pembangunan Tukdana itu ia bahkan harus menumpang dahulu ke bangunan SDN Kerticala 3 yang sekarang menjadi SDN Kerticala 1.

 

Saat itu, ia bersama guru, serta dibantu donatur terus berupaya bagaimana agar pendidikan di SMK Pembangunan Tukdana bisa terus berjalan.

 

Secara bertahap, SMK Pembangunan Tukdana mulai diakui oleh pemerintah hingga akhirnya bisa ikut mendapatkan berbagai bantuan.

 

Secara bertahap, SMK Pembangunan Tukdana yang awalnya menumpang akhirnya bisa memiliki gedung sekolah sendiri.

 

Satu per satu bangunan kelas juga ikut dibangun untuk menunjang kegiatan belajar, termasuk fasilitas ruang lainnya sebagai penunjang kegiatan belajar para siswa.

 

Seperti bengkel beserta perlengkapan yang terbaru, ruang laboratorium, dan masih banyak lagi.

 

Pihaknya juga sangat terbantu dengan perhatian pemerintah untuk keberlangsungan operasional sekolah. Sehingga, para siswa yang belajar di sana tidak dibebani dengan biaya.

 

Aiptu Kasdulah menyampaikan, di sekolah itu ia membuka sebanyak 3 program studi.

 

Yakni Teknik dan bisnis sepeda motor (TBSM), Teknik kendaraan ringan otomatis ( TKRO ) dan Teknik komputer dan jaringan (TKJ).

 

Motivasinya selama ini, disampaikan Aiptu Kasdulah, ia teringat saat masa kecilnya dahulu.

 

Saat ia kecil, untuk dapat menempuh pendidikan sangatlah sulit, apalagi untuk masyarakat dari keluarga tidak mampu.

 

Oleh karenanya, ia bertekad membangun sekolah tersebut dengan harapan walau berasal dari keluarga tidak mampu, para siswa bisa mendapat pendidikan yang layak.

 

Hal ini, ditunjang dengan berbagai fasilitas yang disediakan pihak sekolah untuk menunjang kemampuan para siswa yang belajar di sana.

 

“Dari sana saya ingin agar para siswa bisa mendapat pendidikan. Saya juga berharap agar kelak setelah lulus mereka bisa bekerja di instansi yang ternama,” ujar dia.

 

Sementara itu, Kapolres Indramayu Polda Jabar, AKBP Dr. M. Fahri Siregar menambahkan, sebagai pimpinan, pihaknya merasa bangga atas dedikasi Aiptu Kasdulah di bidang pendidikan.

 

Hal ini sesuai dengan tugas Polri yang memberikan pelayanan sekaligus pengayom masyarakat.

 

Apalagi, selama ini Aiptu Kasdulah, walau sibuk membina sekolah yang ia dirikan, namun tidak mengesampingkan tugasnya sebagai seorang polisi.

 

“Aktivitasnya di sekolah ini tidak menganggu tugas beliau sebagai seorang Polisi. Apalagi apa yang beliau lakukan sangat menginspirasi karena memberikan sekolah gratis untuk anak tidak mampu dan yatim,” ujar Kapolsek .

# Y035

Tim Redaksi

Writer Journalist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *