BPBD Lumajang Kenalkan Mitigasi Bencana pada Anak Usia Dini

Spread the love

Lumajang-www.mediapolisinasional.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang menggelar sosialisasi mitigasi kebencanaan yang diikuti oleh sejumlah peserta didik usia dini di Markas BPBD Kabupaten Lumajang, Rabu (21/12/2022).

 

Saat kegiatan tersebut, Kasubid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lumajang, Amni Najmi menyampaikan, bahwa anak-anak perlu dikenalkan dengan potensi bencana yang bisa terjadi di sekeliling mereka.

 

Menurutnya, hal tersebut penting, karena bencana bisa saja terjadi kapanpun, dimanapun mereka berada. Dengan dikenalkannya anak dengan potensi bencana yang sering terjadi, anak-anak diharapkan nantinya mampu melakukan tindakan evakuasi secara mandiri.

 

“Seperti gempa bumi, anak anak tahu bagaimana cara untuk melarikan diri, mengevakuasi diri. Paling tidak saat orang tua tidak berada di dekat anak-anak, mereka bisa evakuasi secara mandiri,” ujar dia.

 

Sosialisasi pun sangat unik, Tim BPBD Kabupaten Lumajang juga menggunakan alat peraga yang disenangi anak-anak. Mereka pun diputarkan video animasi untuk lebih mudah menangkap materi yang disampaikan.

 

“Kita gunakan media yang mudah dipahami oleh anak-anak, melalui pemutaran film animasi kebencanaan. Kemudian kita kenalkan potensi gempa bumi dan cara untuk menghindarinya,” katanya.

 

Tidak hanya peserta didik, para orang tua pun turut mendapatkan informasi terkair kebencanaan, mengingat Kabupaten Lumajang beberapa tahun terakhir telah terjadi berbagai macam bencana seperti gempa bumi, banjir, erupsi gunung berapi dan bencana angin kencang.

 

Kegiatan tersebut diharapkan mampu memberikan wawasan kepada anak-anak usia dini dan para orang tua agar dapat memahami apa itu bencana dan cara menghindarinya.

 

“Wawasan buat anak-anak usia dini sangat perlu kita berikan, agar paham apa itu bencana dan bagaimana cara menghindarinya” pungkasnya.

reporter. (dian*red)

Tim Redaksi

Writer Journalist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *