Dinas Sosial Kab.Bandung Laksanakan Kegiatan Bimtek Simulasi Pendamping LDP Angkatan II

Spread the love

MPN – KAB.BANDUNG – Dinas Sosial Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan bimbingan teknis simulasi pendamping Layanan Dukungan Psikososial ( LDP ) angkatan II bagi TKSK, PSM, TAGANA.

 

Yang dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa (24, 25 /10/2022) di eMTe Highland Resort yang berada di jalan raya Ciwidey – Rancabali Kecamatan Rancabali Km. 11 Patengan Kabupaten Bandung.

 

Pelaksanaan bimtek simulasi pendamping LDP ini bertujuan untuk meningkatkan serta memberikan tambahan wawasan, kecakapan dan kemampuan pilar – pilar sosial khususnya dalam rangka mempersiapkan diri bilamana terdapat musibah atau bencana secara mendadak di wilayah kabupaten Bandung, tutur Bu Hermin dari Dinsos Kabupaten Bandung, salah satu panitia kegiatan tersebut kepada MPN.

 

Dalam upaya meningkatkan pengetahuan serta megenalkan kembali dasar-dasar dan cara untuk membantu seseorang yang terkena trauma akibat bencana agar bisa kembali menerima kondisi dan mampu bangkit kembali baik secara psikologi atau kejiwaan dan juga kehidupan sosial, serta Layanan Dukungan Psikososial (LDP) Kabupaten Bandung yang berperan sebagai Narasumber dari BPPKP Kementrian Sosial RI.

Layanan Dukungan Psikososial (LDP) diberikan untuk mengembalikan kesehatan mental/psikologis bagi penyintas anak di wilayah yang terdampak bencana.

 

Dengan diadakannya kegiatan pelatihan ini, diharapkan para Pilar – pilar Sosial di Kabupaten Bandung dapat berperan dalam membantu mengatasi trauma yang dihadapi para korban bencana apabila sewaktu-waktu dibutuhkan agar pada saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, para pengurus sudah memiliki bekal dan tahu apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan.

 

Kegiatan ditutup dengan presentasi dan praktik hasil dari materi kegiatan pendampingan sosial yang telah di ikuti selama dua hari. Sesi foto bersama juga tidak lupa dilakukan antar seluruh partisipan yang hadir.
# ASPA#

Tim Redaksi

Writer Journalist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *